Posted by : JAUH JAUH HARI Rabu, 06 November 2013

ALGORITMA GARIS BRESENHAM adalah suatu algoritma yang menentukan titik-titik dalam dimensi yang membentuk pendekatan dekat dengan garis lurus antara dua titik yang diberikan. Pendekatan ini biasa digunakan untuk menggambar garis pada layar komputer, karena hanya menggunakan integer penambahan, pengurangan dan pergeseran. Algoritma ini merupakan salah satu algoritma paling awal yang dikembangkan di bidang komputer grafis.

Konsep Algoritma Bresenham :

Algoritma Bresenham (untuk dx>dy) :
  1. Tentukan 2 titik yang akan dihubungkan dalam pembentukan garis
  2. Tentukan salah satu titik disebelah kiri sebagai titik awal, yaitu (X0, Y0) dan titik lainnya sebagai titik akhir (X1, Y1)
  3. Hitung Dx=x2-x1, Dy=y2-y1, d1=2*Dx dan d2=2* Dy-2*Dx, e=d1-Dx, x=x1, y=y1
  4. Gambar pixel di (x,y)
  5. Untuk setiap e>=0 hitung e=e+d2 dan y=y+1
  6. Jika tidak, hitung e=e+d1 dan y=y
  7. Hitung x=x+1
  8. Jika x>=x2 stop, jika tidak kembali ke langkah 4
Algoritma Bresenham (untuk dx < dy) :
  1. Tentukan 2 titik yang akan dihubungkan dalam pembentukan garis.
  2. Tentukan salah satu titik disebelah kiri sebagai titik awal, yaitu (X0, Y0) dan titik lainnya sebagai titik akhir (X1, Y1)
  3. Hitung Dx=x2-x1, Dy=y2-y1, d1=2*Dy dan d2*Dy-2Dx, e=d1-Dy, x=x1, y=y1
  4. Gambar pixel di (x, y)
  5. Untuk setiap e>=0 hitung e=e+d2 dan x=x+1
  6. Jika tidak, hitung e=e+d1 dan x=x
  7. Hitung y=y+1
  8. Jika y>=y2 stop, Jika tidak kembali ke langkah 4.
 Berikut Implementasi ke PROGRAM JAVA :
Kemudian Simpan File dengan nama "Bresenham.java".

Demikian Postingan saya mengenai ALGORITMA BRESENHAM dan Implementasinya dalam PROGRAM JAVA. Semoga bermanfaat!!!!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SALAM RONGGOLAWE - Metrominimalist - Powered by Blogger -